Halooo.... Semoga bermanfaat

Sabtu, 23 April 2016

CONTOH FORMAT PENULISAN RPP KURIKULUM 2013



Kurikulum K13 merukana sebuah kurikulum yang nantinya akan diterapkan di seluruh Indonesia menggantikan kurikulum KTSP yang sebelumnya masih berlaku. Kurikulum 2013 atau yang sering dikenal dengan K13 sebenarnya dalam penerapannya masih dalam pro dan kontra bahkan ketika Bpk Anis Baswedan terpilih menjadi mentri Pendidikan, K13 ini sempat dihentikan di banyak sekolah dan kembali ke kurikulum KTSP. Adapun alasannya adalah dimana belum adanya kesiapan dalam penerapannya baik dari bidang sarana maupun sumber daya manusianya sehingga dihentikan sementara. Kurikulum 2013 ini banyak memiliki perbedaan yang cukup signifikan dengan KTSP salah satunya adalah peran guru yang bias dikatakan sedikit berkurang. Yang dituntuk lebih aktif adalah siswa yang harus lebih banyak mencari tau sedangkan peran guru hanya sebagai fasilitator. Adapun komponen-komponen yang ada didalam kurikulum 13 adalah sebagai berikut:
1.       Bagian atas RPP yang merupakan kepala dari RPP berisi tentang:

SatuanPendidikan            : (satuan pendidikan adalah jenjang pendidikan misalnya SD /SMP /SMA
Kelas/Semester                                : (diperuntukan untuk kelas berapa dan semester gangil / genap)
Mata Pelajaran                  : (Sesuai dengan Mata Pelajaran yang ditulis)
Topik                                                     : (Topik merupakan judul materi yang akan dibahas)
Jumlah Pertemuan          : (RPP ini dibuat untuk berapa kali pertemuan)

Bagian berikutnya adalah sebagai berikut ddan ditulis dengan menggunakan Huruf Alfabet dengan Huruf Cetak:

A.      Kompetensi Inti
1….
2…
3…
4…
B.      Kompetensi Dasar
(kompetensi dasar biasanya ada termuat didalam silabus pembelajaran)
C.      Indikator Pencapaian Kompetensi
D.      Tujuan Pembelajaran
(tujuan pembelajaran selalu dituliskan dengan menggunakan kalimat “siswa mampu…..” atau “siswa dapat….” Contoh:
1.       Setelah membaca teks hasil observasi dan mendiskusikannya siswa mampu mengetahui struktur teks hasil laporan observasi baik secara lisan maupun tulisan
2.       Setelah membaca teks hasil observasi dan mendiskusikannya siswa dapat mengetahui ciri-ciri bahasa teks hasil laporan observasi baik secara lisan maupun tulisan
E.       Materi Pembelajaran
(materi pembelajaran adalah materi yang akan dibahas misalnya) Perang Dunia II, Pemberontakan G30/S/PKI dll)
F.       Alokasi Waktu
G.     Metode Pembelajaran
H.     Kegiatan Pembelajaran
I.        Penilaian Proses dan Hasil Belajar
a.    Penilaian Proses
b.    Penilaian Hasil
J.        Sumber Belajar

Tempat, tanggal bulan tahun
Guru Mata Pelajaran ……………


………………………………………..

Lampiran

Ini adalah merupakan contoh penulisan RPP Kurikulum 2013 yang akan menggantikan Kurikulum KTSP. Apabiula ada kekeliruan dimohon kritik dan sarannya. Terimakasih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar