RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAAN (RPP)
TAHUN
PELAJARAN 2011/2012
Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Mlati
Mata Pelajaran :
Sejarah
Kelas/Semester :
XI IPS / 1
Pertemuan
Ke : 1 sampai 4
Alokasi
Waktu :
8 x 45 menit
I.
Standar Kompetensi :
Menganalisis
sejarah dunia yang mempengaruhi sejarah Bangsa Indonesia dari abad ke-18 sampai
dengan abad ke-20.
II.
Kompetensi Dasar :
Membedakan
pengaruh Revolusi Pernacis, Revolusi Amerika dan Revolusi Rusia terhadap
perkembangan pergerakan nasional.
III. Indikator :
A. Kognitif
1. Produk
a. Mendeskripsikan
keadaan awal Perancis sebelum revolusi
b. Mendeskripsikan
dampak dari revolusi Perancis
c. Mendeskripsikan
keadaan awal Amerika sebelum revolusi
d. Mendeskripsikan
dampak dari revolusi Perancis
e. Mendeskripsikan
keadaan awal Rusia sebelum Revolusi
f. Mendeskripsikan
paham-paham yang berkembang di Indonesia
g. Mendeskripsikan
paham-paham yang berpengaruh pada pergerakan Nasional
2. Proses
a. Menganalisis
sebab meletusnya revolusi Perancsi
b. Mengidentifikasi
sebab meletusnya Revolusi Amerika
c. Menganalisis
faktor-faktor meletusnya revolusi Rusia
d. Membandingkan
Revolusi tahun 1917 bulan Februari dengan Revolusi Rusia tahun 1917 bulan
Oktober
B. Afektif
1. Karakter
a. menghayati
dan meneladani sikap nasionalisme yang dimiliki oleh para pahlawan nasional
b. perilaku
yang menunjukan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan
belajar, tugas dan menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
c. sikap
dan perilaku yang patut dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran
terhadap pelaksanaan agama lain serta hidup rukun dengan pemeluk agama lain.
d. sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada
orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.
2. Keterampilan
Sosial
a. menghargai
pendapat orang lain dalam satu kelompok.
b. saling
bekerjasama dalam satu kelompok
c. Mencintai produk dalam negeri
C. Psikomotorik
1. Dengan penggunakan peta, siswa dapat
menunjukan wilayah negara-negara yang terlibat dalam revolusi Perancis, Rusia,
dan Amerika.
2. Siswa
menuliskan hasil diskusi di papan tulis
IV.
Tujuan
Pembelajaran
A. Kognitif
1. Produk
a. Siswa dapat mendeskripsikan keadaan
awal Perancis sebelum revolusi
b. Siswa dapat mendeskripsikan dampak
dari revolusi Perancis
c. Siswa dapat mendeskripsikan keadaan awal
Amerika sebelum revolusi
d. Siswa dapat mendeskripsikan dampak
dari revolusi Perancis
e. Siswa dapat mendeskripsikan keadaan
awal Rusia sebelum Revolusi
f. Siswa dapat mendeskripsikan
paham-paham yang berkembang di Indonesia
g. Siswa dapat mendeskripsikan paham-paham
yang berpengaruh pada pergerakan Nasional
2. Proses
a. Siswa dapat menganalisis sebab
meletusnya revolusi Perancsi
b. Siswa dapat mengidentifikasi sebab
meletusnya Revolusi Amerika
c. Siswa dapat menganalisis
faktor-faktor meletusnya revolusi Rusia
d. Siswa dapat membandingkan Revolusi
tahun 1917 bulan Februari dengan Revolusi Rusia tahun 1917 bulan Oktober
B. Afektif
1. Karakter
a. Siswa mampu menghayati dan
meneladani sikap nasionalisme yang dimiliki oleh para pahlawan nasional
b. Siswa mampu berperilaku yang
menunjukan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar,
tugas dan menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
c. Siswa mampu bersikap dan perilaku yang
patuth dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap
pelaksanaan agama lain serta hidup rukun dengan pemeluk agama lain.
d. sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada
orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.
2. Keterampilan
Sosial
a. Siswa mampu menghargai pendapat
orang lain dalam satu kelompok.
b. Siswa mampu saling bekerjasama dalam
satu kelompok
c. Mencintai produk dalam negeri
C. Psikomotorik
1. Dengan penggunakan peta, siswa dapat
menunjukan wilayah negara-negara yang terlibat dalam revolusi Perancis, Rusia,
dan Amerika.
2. Mengumpulkan tugas tepat waktu
V.
Materi
Pebelajaran (Terlampir)
1. Revolusi Perancis
2. Revolusi Amerika
3. Revolusi Rusia
4. Revolusi dan Pergerakan Nasional
VI.
Model dan Metode
Pembelajaran :
A. Model pembelajaran:
Menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah
B. Metode pembelajaran:
Diskusi, presentasi, tanya jawab dan ceramah.
VII.
Kegiatan belajar mengajar:
Pertemuan
I
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan awal
1.
Apersepsi: Salam pembuka, presensi dan mengecek keadaan kelas
2.
Motivasi : Guru melakukan tanya jawab berkaitan dengan pengetahuan tentang
Revolusi
dan pengetahuan mengenai Benua Eropa menggunakan peta dan gambar.
3.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
5’
|
2
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi:
1.
Siswa mendeskripsikan keadaan awal Perancis sebelum Revolusi
2.
Siswa mencari informasi dari buku tentang keadaan awal Perancis sebelum
Revolusi
Elaborasi:
1.
Siswa menemukan informasi dari buku tentang keadaan awal Perancis sebelum
Revolusi
2.
Guru membagi siswa dalam 6 kelompok besar yang masing-masing terdiri dari
4 siswa
3.
Setiap siswa dibagikan materi tentang penyebab meletusnya revolusi Perancis dan dampak revolusi
untuk didiskusikan dan membuat laporan untuk dipresentasikan dan dikumpulkan
4.
Siswa mempresentasikan hasil diskusi dan kelompok lain menanggapinya
Konfirmasi:
1. Guru memberikan klarifikasi terhadap jawaban yang
kurang tepat dan memberikan penegasan terhadap jawaban yang benar
|
75’
|
3
|
Penutup:
1. Guru dan siswa menarik kesimpulan dari materi yang
disampaikan
2.
Guru memberikan refleksi, nilai-nilai apa saja yang didapat dari materi
yang disampaikan
3.
Guru memberikan salam penutup.
|
10’
|
Pertemuan
2
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan awal
1.
Apersepsi: Salam pembuka, presensi dan mengecek keadaan kelas2.
Motivasi : Guru memberikan gambaran tentang Amerika dengan menggunakan peta
dan gambar-gambar.
3.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
5’
|
2
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi:
1.
Siswa mendeskripsikan keadaan awal Amerika sebelum Revolusi
2.
Siswa mencari informasi dari buku tentang keadaan awal Amerika sebelum
Revolusi
Elaborasi:
1.
Siswa menemukan informasi dari buku tentang keadaan awal Amerika sebelum
Revolusi
2.
Guru membagi siswa dalam 6 kelompok besar yang masing-masing terdiri dari
4 siswa
3.
Siswa diminta untuk berdiskusi
mengenai Amerika sebelum dan sesudah revolusi
4.
Setiap kelompok melaporkan hasil
diskusi kelompok, dan kelompok lain wajib mengajukan pertanyaan
Konfirmasi:
1.
Guru memberikan klarifikasi terhadap jawaban yang kurang tepat dan
memberikan penegasan terhadap jawaban yang benar
|
75’
|
3
|
Penutup:
1. Guru dan siswa menarik kesimpulan dari materi yang
disampaikan
2.
Guru memberikan refleksi, nilai-nilai apa saja yang didapat dari materi
yang disampaikan
3.
Guru memberikan tindak lanjut berupa tugas untuk dikerjakan dirumah.
4.
Guru memberikan salam penutup.
|
10’
|
Pertemuan
3
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan awal
1.
Apersepsi: Salam pembuka, presensi dan mengecek keadaan kelas
2.
Motivasi : Guru melakukan tanya jawab berkaitan dengan pengetahuan Rusia
yang disertai dengan peta dan gambar tokoh-tokoh Revolusi Rusia.
3.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
5’
|
2
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi:
1.
Siswa mendeskripsikan keadaan awal Rusia sebelum Revolusi
2.
Siswa mencari informasi dari buku tentang keadaan awal Rusia sebelum
Revolusi
Elaborasi:
1.
Siswa menemukan informasi dari buku tentang keadaan awal Rusia sebelum
Revolusi
2.
Guru membagi siswa dalam 6 kelompok besar yang masing-masing terdiri dari
4 siswa
3.
Setiap siswa dibagikan materi tentang sebab meletusnya revolusi Rusia dan
dampak revolusi untuk didiskusikan.
4.
Selain itu, siswa juga mendapat tugas untuk membandingkan Revolusi tahun 1917 bulan
Februari dengan Revolusi Rusia tahun 1917 bulan Oktober
5.
Hasil diskusi dibuat laporan untuk
dipresentasikan dan dikumpulkan
6.
Siswa mempresentasikan hasil diskusi dan kelompok lain menanggapinya
Konfirmasi:
Guru memberikan klarifikasi terhadap jawaban yang
kurang tepat dan memberikan penegasan terhadap jawaban yang benar
|
75’
|
3
|
Penutup:
1. Guru dan siswa menarik kesimpulan dari materi yang
disampaikan
2.
Guru memberikan refleksi, nilai-nilai apa saja yang didapat dari materi
yang disampaikan
3.
Guru memberikan tindak lanjut berupa tugas untuk dikerjakan dirumah.
4.
Guru memberikan salam penutup.
|
10’
|
Pertemuan
4
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan awal
1.
Apersepsi: Salam pembuka, presensi dan mengecek keadaan kelas
2.
Motivasi : Guru memberikan gambaran awal tentang Pergerakan Nasional
Indonesia yang disertai dengan menampilakan gambar tokoh-tokonya.
3.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
5’
|
2
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi:
1.
Siswa mendeskripsikan paham-paham baru yang muncul ketika terjadi
Revolusi di Perancis, Amerika dan Rusia
2.
Siswa mencari informasi dari buku tentang paham-paham baru yang muncul
ketika terjadi Revolusi di Perancis, Amerika dan Rusia
Elaborasi:
1.
Siswa menemukan informasi dari buku tentang paham-paham baru yang muncul
ketika terjadi Revolusi di Perancis, Amerika dan Rusia
2.
Guru membagi siswa dalam 6 kelompok besar yang masing-masing terdiri dari
4 siswa
3.
Setiap siswa dibagikan materi tentang pengaruh paham-paham baru yang
muncul ketika terjadinya revolusi bagi pergerakan Nasional Indonesia untuk
didiskusikan dan membuat laporan untuk dipresentasikan dan dikumpulkan
4.
Siswa mempresentasikan hasil diskusi dan kelompok lain menanggapinya
Konfirmasi:
1.
Guru memberikan klarifikasi terhadap jawaban yang kurang tepat dan
memberikan penegasan terhadap jawaban yang benar
|
75’
|
3
|
Penutup:
1.
Guru dan siswa menarik kesimpulan dari materi yang disampaikan
2.
Guru memberikan refleksi, nilai-nilai apa saja yang didapat dari materi
yang disampaikan
3.
Guru memberikan salam penutup.
|
10’
|
VIII. Sumber, Alat
dan Bahan
Sumber :
Badrika,
I Wayan. 2004. Sejarah SMA Kelas
XI . Jakarta:Erlangga.
Sulestari,
Sri, dkk. 2007. Memahami Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung: CV ARMICO.
Sumardianta,
J, dkk. 2007. Sejarah Untuk SMA/MA Kelas
XI IPS. Jakarta: Grasindo.
Ricklefs,
M. C. 2005. Sejarah Indonesia Modern
1200-2004. Jakarta : PT.Ikrar Mandiriabadi.
Alat : Laptop,
LCD, White Board, peta, gambar dan
puzzle
Bahan :
Power point, Kertas, Spidol/ Kapur
IX. Penilaian
A. Penilaian kognitif (terlampir)
B. Penilaian afektif (terlampir)
C. Penilaian psikomotorik (terlampir)
Yogyakarta, 9 April
2012
Guru
pamong Pratikan
Lampiran I
Lampiran II
Penilaian Afektif (silahkan di klik untuk melihat contoh penilaian Afektif)
Lampiran II
Penilaian Psikomotorik (silahkan di klik untuk melihat contoh penilaian Psikomotorik)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar