Halooo.... Semoga bermanfaat

Sabtu, 23 April 2016

RPP SEJARAH KELAS XI : REVOLUSI PERANCIS, REVOLUSI AMERIKA DAN REVOLUSI RUSIA



RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAAN (RPP)
TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Nama Sekolah                       : SMA Negeri 1 Mlati
Mata Pelajaran                      : Sejarah
Kelas/Semester                      : XI IPS / 1
Pertemuan Ke                       : 1 sampai 4
Alokasi Waktu                       : 8 x 45 menit

I.     Standar Kompetensi :
Menganalisis sejarah dunia yang mempengaruhi sejarah Bangsa Indonesia dari abad ke-18 sampai dengan abad ke-20.

II.     Kompetensi Dasar :
Membedakan pengaruh Revolusi Pernacis, Revolusi Amerika dan Revolusi Rusia terhadap perkembangan pergerakan nasional.

III.     Indikator                                 :
A.       Kognitif
1.    Produk
a.    Mendeskripsikan keadaan awal Perancis sebelum revolusi
b.    Mendeskripsikan dampak dari revolusi Perancis
c.    Mendeskripsikan keadaan awal Amerika sebelum revolusi
d.   Mendeskripsikan dampak dari revolusi Perancis
e.    Mendeskripsikan keadaan awal Rusia sebelum Revolusi
f.     Mendeskripsikan paham-paham yang berkembang di Indonesia
g.    Mendeskripsikan paham-paham yang berpengaruh pada pergerakan Nasional
2.    Proses
a.    Menganalisis sebab meletusnya revolusi Perancsi
b.    Mengidentifikasi sebab meletusnya Revolusi Amerika
c.    Menganalisis faktor-faktor meletusnya revolusi Rusia
d.   Membandingkan Revolusi tahun 1917 bulan Februari dengan Revolusi Rusia tahun 1917 bulan Oktober

B.       Afektif
1.    Karakter
a.    menghayati dan meneladani sikap nasionalisme yang dimiliki oleh para pahlawan nasional
b.    perilaku yang menunjukan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar, tugas dan menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
c.    sikap dan perilaku yang patut dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan agama lain serta hidup rukun dengan pemeluk agama lain.
d.   sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.
2.    Keterampilan Sosial
a.    menghargai pendapat orang lain dalam satu kelompok.
b.    saling bekerjasama dalam satu kelompok
c.    Mencintai produk dalam negeri

C.       Psikomotorik
1.      Dengan penggunakan peta, siswa dapat menunjukan wilayah negara-negara yang terlibat dalam revolusi Perancis, Rusia, dan Amerika.
2.      Siswa menuliskan hasil diskusi di papan tulis

IV.     Tujuan Pembelajaran
A.       Kognitif
1.    Produk
a.    Siswa dapat mendeskripsikan keadaan awal Perancis sebelum revolusi
b.    Siswa dapat mendeskripsikan dampak dari revolusi Perancis
c.    Siswa dapat mendeskripsikan keadaan awal Amerika sebelum revolusi
d.   Siswa dapat mendeskripsikan dampak dari revolusi Perancis
e.    Siswa dapat mendeskripsikan keadaan awal Rusia sebelum Revolusi
f.     Siswa dapat mendeskripsikan paham-paham yang berkembang di Indonesia
g.    Siswa dapat mendeskripsikan paham-paham yang berpengaruh pada pergerakan Nasional
2.    Proses
a.    Siswa dapat menganalisis sebab meletusnya revolusi Perancsi
b.    Siswa dapat mengidentifikasi sebab meletusnya Revolusi Amerika
c.    Siswa dapat menganalisis faktor-faktor meletusnya revolusi Rusia
d.   Siswa dapat membandingkan Revolusi tahun 1917 bulan Februari dengan Revolusi Rusia tahun 1917 bulan Oktober

B.       Afektif
1.    Karakter
a.    Siswa mampu menghayati dan meneladani sikap nasionalisme yang dimiliki oleh para pahlawan nasional
b.    Siswa mampu berperilaku yang menunjukan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar, tugas dan menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
c.    Siswa mampu bersikap dan perilaku yang patuth dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan agama lain serta hidup rukun dengan pemeluk agama lain.
d.   sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.
2.    Keterampilan Sosial
a.    Siswa mampu menghargai pendapat orang lain dalam satu kelompok.
b.    Siswa mampu saling bekerjasama dalam satu kelompok
c.    Mencintai produk dalam negeri

C.       Psikomotorik
1.      Dengan penggunakan peta, siswa dapat menunjukan wilayah negara-negara yang terlibat dalam revolusi Perancis, Rusia, dan Amerika.
2.      Mengumpulkan tugas tepat waktu

V.          Materi Pebelajaran (Terlampir)
1.      Revolusi Perancis
2.      Revolusi Amerika
3.      Revolusi Rusia
4.      Revolusi dan Pergerakan Nasional

VI.          Model dan Metode Pembelajaran           :
A.  Model pembelajaran:
Menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah
B.  Metode pembelajaran:
Diskusi, presentasi, tanya jawab dan ceramah.
VII.     Kegiatan belajar mengajar:
Pertemuan I
No
Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan awal
1.    Apersepsi: Salam pembuka, presensi dan mengecek keadaan kelas
2.    Motivasi : Guru melakukan tanya jawab berkaitan dengan pengetahuan tentang Revolusi dan pengetahuan mengenai Benua Eropa menggunakan peta dan gambar.
3.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
5’
2
Kegiatan Inti
Eksplorasi:
1.    Siswa mendeskripsikan keadaan awal Perancis sebelum Revolusi
2.    Siswa mencari informasi dari buku tentang keadaan awal Perancis sebelum Revolusi
Elaborasi:
1.     Siswa menemukan informasi dari buku tentang keadaan awal Perancis sebelum Revolusi
2.     Guru membagi siswa dalam 6 kelompok besar yang masing-masing terdiri dari 4 siswa
3.     Setiap siswa dibagikan materi tentang penyebab meletusnya revolusi Perancis dan dampak revolusi untuk didiskusikan dan membuat laporan untuk dipresentasikan dan dikumpulkan
4.     Siswa mempresentasikan hasil diskusi dan kelompok lain menanggapinya
Konfirmasi:
1.    Guru memberikan klarifikasi terhadap jawaban yang kurang tepat dan memberikan penegasan terhadap jawaban yang benar
75’
3
Penutup:
1.    Guru dan siswa menarik kesimpulan dari materi yang disampaikan
2.    Guru memberikan refleksi, nilai-nilai apa saja yang didapat dari materi yang disampaikan
3.    Guru memberikan salam penutup.

10’


Pertemuan 2
No
Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan awal
1.    Apersepsi: Salam pembuka, presensi dan mengecek keadaan kelas2.    Motivasi : Guru memberikan gambaran tentang Amerika dengan menggunakan peta dan gambar-gambar.
3.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
5’
2
Kegiatan Inti
Eksplorasi:
1.    Siswa mendeskripsikan keadaan awal Amerika sebelum Revolusi
2.    Siswa mencari informasi dari buku tentang keadaan awal Amerika sebelum Revolusi
Elaborasi:
1.     Siswa menemukan informasi dari buku tentang keadaan awal Amerika sebelum Revolusi
2.     Guru membagi siswa dalam 6 kelompok besar yang masing-masing terdiri dari 4 siswa
3.     Siswa diminta untuk berdiskusi mengenai Amerika sebelum dan sesudah revolusi
4.     Setiap kelompok melaporkan hasil diskusi kelompok, dan kelompok lain wajib mengajukan pertanyaan
Konfirmasi:
1.     Guru memberikan klarifikasi terhadap jawaban yang kurang tepat dan memberikan penegasan terhadap jawaban yang benar
75’
3
Penutup:
1.    Guru dan siswa menarik kesimpulan dari materi yang disampaikan
2.    Guru memberikan refleksi, nilai-nilai apa saja yang didapat dari materi yang disampaikan
3.    Guru memberikan tindak lanjut berupa tugas untuk dikerjakan dirumah.
4.    Guru memberikan salam penutup.
10’

Pertemuan 3
No
Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan awal
1.     Apersepsi: Salam pembuka, presensi dan mengecek keadaan kelas
2.    Motivasi : Guru melakukan tanya jawab berkaitan dengan pengetahuan Rusia yang disertai dengan peta dan gambar tokoh-tokoh Revolusi Rusia.
3.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
5’
2
Kegiatan Inti
Eksplorasi:
1.    Siswa mendeskripsikan keadaan awal Rusia sebelum Revolusi
2.    Siswa mencari informasi dari buku tentang keadaan awal Rusia sebelum Revolusi
Elaborasi:
1.     Siswa menemukan informasi dari buku tentang keadaan awal Rusia sebelum Revolusi
2.     Guru membagi siswa dalam 6 kelompok besar yang masing-masing terdiri dari 4 siswa
3.     Setiap siswa dibagikan materi tentang sebab meletusnya revolusi Rusia dan dampak revolusi untuk didiskusikan.
4.     Selain itu, siswa juga mendapat tugas untuk membandingkan Revolusi tahun 1917 bulan Februari dengan Revolusi Rusia tahun 1917 bulan Oktober
5.      Hasil diskusi dibuat laporan untuk dipresentasikan dan dikumpulkan
6.     Siswa mempresentasikan hasil diskusi dan kelompok lain menanggapinya
Konfirmasi:
Guru memberikan klarifikasi terhadap jawaban yang kurang tepat dan memberikan penegasan terhadap jawaban yang benar
75’
3
Penutup:
1.    Guru dan siswa menarik kesimpulan dari materi yang disampaikan
2.    Guru memberikan refleksi, nilai-nilai apa saja yang didapat dari materi yang disampaikan
3.    Guru memberikan tindak lanjut berupa tugas untuk dikerjakan dirumah.
4.    Guru memberikan salam penutup.

10’

Pertemuan 4
No
Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan awal
1.    Apersepsi: Salam pembuka, presensi dan mengecek keadaan kelas
2.    Motivasi : Guru memberikan gambaran awal tentang Pergerakan Nasional Indonesia yang disertai dengan menampilakan gambar tokoh-tokonya.
3.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
5’
2
Kegiatan Inti
Eksplorasi:
1.    Siswa mendeskripsikan paham-paham baru yang muncul ketika terjadi Revolusi di Perancis, Amerika dan Rusia
2.    Siswa mencari informasi dari buku tentang paham-paham baru yang muncul ketika terjadi Revolusi di Perancis, Amerika dan Rusia
Elaborasi:
1.    Siswa menemukan informasi dari buku tentang paham-paham baru yang muncul ketika terjadi Revolusi di Perancis, Amerika dan Rusia
2.    Guru membagi siswa dalam 6 kelompok besar yang masing-masing terdiri dari 4 siswa
3.    Setiap siswa dibagikan materi tentang pengaruh paham-paham baru yang muncul ketika terjadinya revolusi bagi pergerakan Nasional Indonesia untuk didiskusikan dan membuat laporan untuk dipresentasikan dan dikumpulkan
4.    Siswa mempresentasikan hasil diskusi dan kelompok lain menanggapinya
Konfirmasi:
1.    Guru memberikan klarifikasi terhadap jawaban yang kurang tepat dan memberikan penegasan terhadap jawaban yang benar
75’
3
Penutup:
1.      Guru dan siswa menarik kesimpulan dari materi yang disampaikan
2.    Guru memberikan refleksi, nilai-nilai apa saja yang didapat dari materi yang disampaikan
3.    Guru memberikan salam penutup.

10’



VIII.     Sumber, Alat dan Bahan
Sumber :
Badrika, I Wayan. 2004. Sejarah  SMA Kelas XI . Jakarta:Erlangga.
Sulestari, Sri, dkk. 2007.  Memahami Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung: CV ARMICO.
Sumardianta, J, dkk. 2007. Sejarah Untuk SMA/MA Kelas XI IPS. Jakarta: Grasindo.
Ricklefs, M. C. 2005. Sejarah Indonesia Modern 1200-2004. Jakarta : PT.Ikrar Mandiriabadi.
Alat : Laptop, LCD, White Board, peta, gambar dan puzzle
Bahan : Power point, Kertas, Spidol/ Kapur

IX.     Penilaian
A.    Penilaian kognitif (terlampir)
B.     Penilaian afektif (terlampir)
C.     Penilaian psikomotorik (terlampir)
Yogyakarta, 9 April 2012

Guru pamong                                                               Pratikan


                                                                                                                                                                                     


Lampiran I


Lampiran II
Penilaian Afektif (silahkan di klik untuk melihat contoh penilaian Afektif) 

Lampiran II
Penilaian Psikomotorik (silahkan di klik untuk melihat contoh penilaian Psikomotorik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar