| 
Silabus 
Nana Sekolah  : SMA N I Mlati 
Program : Ilmu Pengetahuan Sosial 
Mata Pelajaran : Sejarah 
Kelas/ Semester: XI/ 2 
Standar Kompetensi      :3. Menganalisis Sejarah Dunia yang
  Mempengaruhi Sejarah Bangsa Indonesia dari Abad ke-18 sampai dengan Abad ke-20 | ||||||||
| 
KD | 
MateriPembelajaran | 
PengalamanBelajar | 
Indikator | 
Penilaian | 
Waktu | 
Sumber/Alat/Bahan | ||
| 
Teknik | 
BentukInstrumen | 
ContohInstrumen | ||||||
| 
3.1.Membedakan Pengaruh Revolusi Prancis,
  Revolusi Amerika, dan Revolusi Rusia terhadap Perkembangan PergerakanNasional
  Indonesia | 
Peristiwa-Peristiwa Penting di Amerika dan Eropa serta Pengaruhnya Bagi
  Indonesia 
1.Revolusi Prancis 
2.Revolusi Amerika 
3.Revolusi Rusia 
4.Pengaruh Revolusi Prancis, Revolusi
  Amerika, dan Revolusi Rusia terhadap perkembangan pergerakan nasional
  Indonesia | 
Denganmelakukankajianpustaka, internet,
  diskusikelompokdantanyajawabdiharapkansiswadapat : 
1.1 MendeskripsikankeadaanawalPerancissebelum
  terjadinyarevolusi 
1.2 menganalisissebabmeletusnyarevolusiPerancis 
1.3 mendeskriksikandampakdarirevolusiPerancis 
2.1 MendeskripsikankeadaanawalAmerikasebelum terjadinyaRevolusi 
2.2 MengidentifikasisebabmeletusnyaRevolusiAmerika 
2.3 MendeskripsikandampakdarirevolusiPerancis 
3.1 Mendeskripsikankeadaanawal Rusia Sebelum terjadinya Revolusi 
3.2 Menganalisis faktor-faktor meletusnyarevolusi Rusia 
3.3 MembandingkanRevolusi tahun 1917 bulan Februari dengan Revolusi Rusiatahun
  1917 bulan Oktober 
4.1 Mendeskripsikanpaham-paham yang berkembang di Indonesia 
4.2 Mendeskripsikanpaham-paham yang berpengaruh padapergerakan Nasional | 
1.  Kognitif 
a.   Produk 
·  MendeskripsikankeadaanawalPerancissebelumterjadinya
  revolusi 
·  MendeskripsikandampakdarirevolusiPerancis 
·  MendeskripsikankeadaanawalAmerikasebelumterjadinya
  revolusi 
·  MendeskripsikandampakdarirevolusiPerancis 
·  MendeskripsikankeadaanawalRusiasebelumterjadinya
  Revolusi 
·  Mendeskripsikanpaham-paham yang
  berkembang di Indonesia 
b.  Proses 
·  MenganalisissebabmeletusnyarevolusiPerancsi 
·  MengidentifikasisebabmeletusnyaRevolusiAmerika 
·  Menganalisisfaktor-faktormeletusnyarevolusiRusia 
·  MembandingkanRevolusitahun1917
  bulanFebruaridenganRevolusiRusiatahun 1917 bulanOktober 
2.      Afektif 
a.  Karakter 
·  menghayatidanmeneladanisikapnasionalisme
  yang dimilikiolehparapahlawannasional 
·  perilaku yang
  menunjukanupayasungguh-sungguhdalammengatasiberbagaihambatanbelajar,
  tugasdanmenyelesaikantugasdengansebaik-baiknya. 
·  sikapdanperilaku yang patutdalammelaksanakanajaran
  agama yang dianutnya, toleranterhadappelaksanaan agama lain
  sertahiduprukundenganpemeluk agama lain 
·  sikap
  dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat
  yang membutuhkan 
b.  KeterampilanSosial 
·  menghargaipendapat orang lain
  dalamsatukelompok. 
·  salingbekerjasamadalamsatukelompok 
·  mencintai
  produk dalam negeri 
3.      Psikomotorik 
· denganpenggunakanpeta,
  siswadapatmenunjukkanwilayahnegara-negara yang terlibatdalamrevolusiPerancis,
  Rusia, danAmerika. 
· mengumpulkan
  tugas tepat waktu | 
Tes 
Non tes 
·        
  Evaluasidiri | 
Uraian 
Portofolio 
Carilahsosokpahlawannasional yang
  patutditeladanisikapdankehidupanpribadinya | 
·     DeskripsikanlahkeadaanawalPerancissebelumterjadinyarevolusi? 
·     DeskripsikandampakdarirevolusiPerancis? 
·     DeskripsikankeadaanawalAmerikasebelumterjadinyarevolusi? 
·     DeskripsikandampakrevolusiPerancis? 
·     DeskripdikankeadaanawalRusiasebelumterjadinyaRevolusi 
·     Deskripsikanpaham-paham yang
  berkembang di Indonesia. 
·     AnalisislahpenyebabmeletusnyarevolusiPerancis 
·     IdentifikasipenyebabmeletusRevolusiAmerika 
·     Analisislahfaktor-faktormeletusnyarevolusiRusia 
·     BandingkanlahRevolusiRusiatahun
  1917 bulanfebruaridanRevolusitahun 1917 bulanOktober 
Nilaiapa yang dapatdipetiksetelahmempelajarimateripergerakannasional. 
Tunjukkanlah Negara-negara yang terlibatdalamrevolusiPerancis,
  RusiadanAmerika | 
8 X 45 Menit | 
Sumberbuku: 
Badrika, I Wayan. 2004. Sejarah 
  SMAKelas XI . Jakarta:Erlangga. 
Sumardianta, J, dkk. 2007. SejarahUntuk SMA/MA Kelas XI IPS.
  Jakarta: Grasindo. 
USSIS,
  GarisBesarSejarahAmerika. 
Listiyani, Dwi Ari. 2006. Sejarahuntuk SMA/MA kelas X1.Jakarta
  :DepartemenPendidikanNasional. 
Alat: 
White Board, LCD, peta, gambar,
  puzzle 
Bahan: 
Power point, kertas, spidol, kapur | 
Halooo.... Semoga bermanfaat
Sabtu, 23 April 2016
SILABUS SEJARAH KELAS XI : SEJARAH DUNIA YANG MEMPENGARUHI SEJARAH BANGSA INDONESIA
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
- 
Soal Cerdas Cermat Agama Islam SMP Kategori: Rukun Islam dan Rukun Iman Sebutkan 5 Rukun Islam! Jawaban: Syahadat, Sholat, Zakat, Pu...
- 
PERTANYAAN MENDATAR 2. kredit 5. sistem jual beli dengan cara tukar menukar barang 7. suatu lembaga keuangan yang memberikan pinja...
- 
E. Masa Reformasi (1998-Sekarang) Gambar di atas menunjukkan salah satu aksi mahasiswa menuntut reformasi di Indonesia. Apa yang menyebabka...
 
 
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
BalasHapus